Kandang ayam petelur paling cocok adalah jenis kandang baterai, apa alasannya? Ada banyak keuntungan menggunakan kandang baterai untuk pemeliharaan ayam petelur. Apa saja keuntungan tersebut? Kita akan ketahui satu persatu.

Sebelumnya kita cari tahu dulu apa sih kandang baterai itu? Ini adalah merujuk pada bentuk kandang ini sendiri, layaknya baterai dalam sebuah senter yang dipasang berderet dan saling menyambung. Begitu juga kandang baterai yaitu jenis kandang yang dibuah sambung menyambung atau berderet menjadi satu satuan yang panjang.

Ini adalah gambar kandang baterai dengan bahan bambu yang bisa dibuat secara manual, umumnya kandang baterai berbahan bambu atau kayu dibuat sebagai upaya efesiensi atau penghematan. Karena dibandingkan dengan kandang baterai berbahan kawat buatan pabrik maka jenis ini relatif lebih murah meriah. Anda juga sebaiknya membuat kandang ayam petelur Anda dengan konsep baterai.

Alasan Menggunakan Kandang Ayam Petelur Jenis Baterai

Artikel Lengkap ada disini KANDANG AYAM

kandang baterai ayam petelur, kenapa pilih kandang baterai, apa beda kandang baterai dan kandang biasa

Kandang biasa yang dimaksud adalah kandang berupa lantai tanah atau lantai semen yang diatasnya diberi sekam atau serbuk kayu sisa hasil gergajian, kandang jenis ini biasa disebut kandang litter. Ada beberapa kerugian dari beternak ayam petelur dengan menggunakan kandang biasa seperti ini antara lain seperti :
Ayam rentan terhadap penyakit karena kotoran mereka ada di lantai dan banyak menempel pada ayam
Ayam yang tidak sehat bisa membuat ayam lain tertular, ayam sakit juga kemungkinan besar produksi telurnya menurun
Telur ayam yang dikeluarkan ayam tercecer di sembarangan tempat dan kita harus mencari dan mengumpulkannya
Kondisi telur banyak yang kotor karena bercampur kotoran ayam sehingga kita harus mencucinya agar bersih

Sedikit berbeda dengan kandang litter, ada kandang ayam petelur dengan model panggung dan luar. Secara teori ini sudah lebih bagus dari segi kebersihan karena lantai panggung yang dibuat jarang-jarang adalah rongga agar kotoran ayam saat jatuh tidak dilantai kandang tetapi langsung keluar dari bawah panggung. Kandang menjadi relatif lebih bersih. Tetapi sepertinya jjenis kandang ini juga kurang menguntungkan:
Dengan area yang luar terkadang ayam menumpuk disatu tempat dan saling berdesakan sementara di bagian lain kosong
Pembagian makanan juga kemungkinan tidak merata karena makanan diberikan bersama untuk banyak ayam sekaligus (walaupun sudah dipisah menjadi beberapa lokasi)
Untuk pengambilan telur juga masih sedikit menyulitkan dan kurang praktis
Keuntungan Menggunakan Kandang Ayam Petelur Type Baterai

keuntungan kandang baterai, manfaat menggunakan kandang baterai, kandang baterai ayam petelur

Kandang baterai adalah pilihan, kandang ini adalah sebuah inovasi terhadap pengelolaan ternak ayam petelur yang lebih baik dari sistem yang sudah ada dan umum dilakukan. Jadi alasan utama mengapa kita harus berpindah ke tipe kandang baterai karena ini adalah inovasi sistem yang lebih baik dan lebih teratur yang maksud akhirnya adalah meningkatkan produksi telur ayam yang dihasilkan dari peternakan.


Jadi apa saja keuntungan ternak ayam petelur dengan penggunaan kandang baterai?
Kandang yang dibuat bersekat sekat dimaksudkan untuk membagi ruang agar merata, dimana satu kotak bia diisi satu atau lebih ayam petelur
Kotoran ayam tidak akan mengotori lantai karena akan langsung jatuh ke bawah kandang
Telur yang keluar akan menggelinding keluar karena lantai yang dibuat miring, ini memudahkan saat pengambilan telur
Tidak ada perebutan makanan karena ayam ayam telah dijatah dengan tempat makan yang berada di depan kandang dan tidak bisa dijangkau oleh ayam dari kandang sebelahnya.
Efesiensi tempat adalah salah satu keunggulan kandang baterai dimana di temapt yang terbatas bisa memulai lebih banyak ayam (kandang tingkat)

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan kandang baterai untuk usaha ternak ayam petelur.


Mau Cari Artikel tentang KANDANG AYAM
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: