MENCEGAH CUCUKAN PADA AYAM (PATUK-PATUKAN) 

Ada beberapa alternatif untuk mencegah ayam saling kanibal / cucukan (patuk2an). Diantaranya dengan memberikan daun pepaya, merupakan cara tradisional dan yang paling murah biaya. Cara lain adalah dengan menggunakan mesin/alat potong paruh (debeaker) untuk memotong paruh ayam dan cakar (jalu).
Ingat, yang dipotong hanya sebagian kecil! Sekitar 1-2 mm. Dengan paruh yang tumpul, sekarang ayam Anda tidak mempan kalo dipatuk lagi.

Debeaking
Cara yang dianggap baik sampai sekarang untuk mencegah terhadap kemungkinan timbulnya kanibalisme adalah melalui pemotongan paruh atau debeaking, dan merupakan cara yang efektif. Debeaking pada ayam sudah merupakan cara yang paling sering dilakukan untuk mencegah kanibalisme, terutama sekali apabila pemeliharaan dilakukan secar terkurung dan berkelompok.
Pemotongan paruh yang dilakukan pada DOC atau berumur dibawah 1 minggu juga memberikan keuntungan dalam hal penanganan jauh lebih mudah dan paruhnya masih lunak, disamping itu apabila ayam mengalami stress akibat pemotongan paruh maka masih tersedia waktu yang cukup panjang untuk mengembalikan kondisinya kepada keadaan semula. Debeaking dilakukan terlalu keras malah dapat memperlambat dewasa kelamin, berat badan yang kurang. Debeaking pada dasarnya dilakukan pada anak ayam dan ayam yang berumur muda. Debeaking pada anak ayam biasa dilakukan pada umur 1 hari atau pada umur 6 – 9 hari dan sebaiknya jangan dilakuka pada umur 2 – 3 hari karena akibat yang ditimbulkannya dapat lebih buruk, yaitu terjadi penurunan konsumsi makanan.

Terdapat dua metoda debeaking yaitu cold debeaking dan hot debeaking. Pada cold debeaking terutama dilakukan pada anak ayam, karena tidak ada pembakaran yang dapat mematikan jaringan dari paruh, sehingga sering terjadi pertumbuhan kembali sampai mencapai panjang yang normal. Oleh karena itu debeaking perlu diulang kembali yaitu sebelum mencapai umur dewasa kelamin. Pada hot debeaking digunakan alat debeaking yang mepunyai pisau pemotong yang dipanaskan dengan temperature 1110 0F – 1500 0F, sehingga dapat mematikan jaringan dari paruh, oleh karena itu bila pelaksanaannya baik dan tepat maka tidak perlu pengulangan kembali.
Untuk menghindari kemungkinan paruh kembali runcing pada umur 18 minggu (periode grower) dapat diatasi dengan cara memotong paruhnya sependek mungkin. Sebagai pedoman paruh dapat disisakan sepanjang 2-3 mm dari lubang hidung atau setengahnya dari panjang paruh semula .

Cara debeaking ternyata ada banyak variasi, tetapi pada dasarnya ada dua cara, yaitu:
  1. Block debeaking, yaitu pemotongan yang dilakukan memberikan hasil paruh bagian atas sama panjangnya dengan bagian bawah.
  2. Conventional debeaking, yaitu pemotongan yang dilakukan memberikan hasil paruh bagian atas lebih pendek dari pada bagian bawah.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: