Mengenal Jenis Ayam Petelur. Telur ayam menjadi bahan konsumsi masyarakat sehari-hari, umumnya dijadikan lauk untuk makan dengan cara digoreng. Ada pula yang mengolahnya dengan cara lain seperti dibuat lauk telur sambal.Telur ayam juga banyak dikonsumsi oleh para olahragawan khususnya dari jenis telur ayam kampung. Konsumsi terbanyak adalah oleh atlet binaraga atau mereka yang gemar olahraga angkat berat dan fitnes untuk memperbesar dan membentuk otot.

Artikel Lengkap ada disini KANDANG AYAM

Berbicara mengenai ayam petelur yang banyak diternakan. Ada banyak jenis ayam petelur unggulan yang dikembangkan oleh para peternak baik itu di indonesia ataupun diluar negeri. Ada banyak terdapat jenis ayam saat ini yang dikembangkan, disilangkan, dan diternakan. Jenis jenis ayam peteluryang dikenal umum dan dunia antara lain seperti beberapa conoth dibawah ini:

Ayam Warna Tipe Ransum Telur
Babcock B-300 putih ringan 1,82 270
Babcock B 380 cokelat dwiguna 1,9 260 – 275
Hisex brown cokelat dwiguna 1,89 272
H & W nick putih ringan 1,7 – 1,9 272
Dekalb Xl-Link putih ringan 1,8 – 2,0 255 – 280
Hisex white putih ringan 1,98 288
Hubbarb leghorn putih ringan 1,8 – 1,86 260
Ross white putih ringan 1,9 275
Shaver S 288 putih ringan 1,7 – 1,9 280
Shaver star cross 579 cokelat dwiguna 2,0 – 2,08 265
Ross Brown cokelat dwiguna 2,0 270
Hubbarb golden cornet cokelat dwiguna 1,24-1,3 260

Babcock Brown atau babcock berwarna coklat dikenal sebagai jenis ayam petelur yang mempunyai ukuran telur lumayan besar, ukuran besar artinya beratnya juga lebih dari jenis jenis telur biasa ukuran normal.
Ayam Babcock mempunyai tingkat produktifitas telur yang lumayan tinggi, selain itu jenis ayam ini terlihat sangat tenang dalam segala suasana.
Tingkat ketahanan hidup : 93.9%
Berat rata-rata telur : 63,8 gr
Berat rata-rata ayam : 1975 gr


Babcock White atau Babcock putih memiliki tingkat produksi telur yang tinggi dan tetap menghasilkan telur dengan baik di semua jenis musim, ayam petelur jenis Babcock White telurnya juga berukuran besar seperti babcock Brown walaupun beratnya masih berada dibawahnya. Tetapi untuk ukuran telur tergolong besar.



Tingkat ketahanan hidup : 95%
Berat rata-rata telur : 62,8 gr
Berat rata-rata ayam : 1720 gr


Hisex Brown atau Hisex Cokelat, jenis ayam petelur ini memiliki warna cokelat. Telur yang dihasilkan adalah telur berwarna cokelat dan kulit telurnya kuat. Ukuran telurnya sedang atau normal. Tingkat konversi pakannya juga bernilai baik
Tingkat ketahanan hidup : 93,9%
Berat rata-rata telur : 62,7
Berat rata-rata ayam : 1975 gr


Hisex White atau Hisex Putih, seperti halnya Hisex Brown juga memproduksi telur yang banyak atau tinggi, dengan ukuran telurnya yang sedang dan memiliki kualitas shell yang bagus. Konversi pakannya juga menunjukan nilai yang baik
Tingkat ketahanan hidup : 94,1%
Berat rata-rata telur : 62,4 gr
Berat rata-rata ayam : 1720 gr


Dekalb Brown atau Dekalb Cokelat, termasuk jenis unggas ternak ayam petelur yang ideal. Memiliki tingkat keseimbangan yang baik. Memproduksi telur yang kuat dan juga berwarna cokelat kuat (cokelat lebih gelap)



Tingkat ketahanan hidup : 93.9%
Berat rata-rata telur : 62,7 gr
Berat rata-rata ayam : 1975 gr


Dekalb White atau Dekalb putih, produksi tel;ur ayam petelur jenis Dekalb White ini sangat baik, ukuran telurnya juga bagus, dan tingkat produksi telurnya juga lumayan tinggi.
Tingkat ketahanan hidup : 94,1%
Berat rata-rata telur : 63,1 gr
Berat rata-rata ayam : 1720 gr


Shaver Black arau Shaver Hitam, jenis ayam petelur satu ini memiliki tingkat konsumsi pakan yang cukup tinggi dan itu juga yang membuat ayam jenis ini lebih gemuk dan lebih berat dibanding jenis ayam petelur lainnya. Walaupun begitu ia mempunyai tingkat produksi telur yang tingga dan mempu tetap stabil di jenis lingkungan yang sulit
Tingkat ketahanan hidup : 94,2%
Berat rata-rata telur : 62,5 gr
Berat rata-rata ayam : 2300 gr


Shaver Brown alias Shaver Cokelat menghasilkan telur berkualitas tinggi, khusus jenis ini ukuran telur yang dihasilkan adalah jenis telur berukuran kecil. Ukurannya ayam ini standar, tidak gemuk seperti Shaver Black.
Tingkat ketahanan hidup : 93,1%
Berat rata-rata telur : 60,0 gr
Berat rata-rata ayam : 1975 gr


Shaver White cukup berbeda dengan dua jenis ayam petelur Shaver diatas, tingkat produksi telurnya lumayan tinggi dan bagusnya tingkat konsumsi pakannya rendah jadi jenis ayam petelur ini mampu meningkatkan efesiensi. Ketahanan hidupnya juga lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Ukuran telurnya kategori sedang.
Tingkat ketahanan hidup : 95,3%
Berat rata-rata telur : 61,9 gr
Berat rata-rata ayam : 1720 gr


Itulah ulasan tentang berbagai jenis ayam petelur yang dikenal dan dibudidayakan oleh masyarakat peternak.

Baik di Indonesia maupun di luar negeri kurang lebih memelihara jenis ayam petelur yang saya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan untuk tulisan seputar ternak ayam petelur silahkan baca lebih lengkap artikel tentang cara berternak ayam petelur. Silahkan dibuka dan semoga bermanfaat…


Mau Cari Artikel tentang KANDANG AYAM

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: