Musim penghujan telah datang, peternakan tetap berjalan. Permintaan doc/bibit ayam kampung pun masih stabil karena masih tingginya permintaan pasar. Agar hasil panen tetap stabil dan peternakan tidak terganggu pada musim hujan maka antisipasi perlu dilakukan karena setiap musim mempunyai kelemahan dan penanganan yang berbeda, banyak hal yang perlu di amati pada masa pemeliharaan pada musim hujan ini.
Musim penghujan memiliki karakteristik suhu yang rendah dan kelembaban yang tinggi, hal ini dapat berpengaruh pada berbagai aspek pada peternakan kita. Beberapa hal yang sering terjadi adalah :

Pakan yang lembab dan berjamur
Suhu yang rendah dan kelembaban yang tinggi membuat pakan cepat berjamur, jamur pada pakan akan mengakibatkan turunnya kualitas pakan, sementara pakan yang lembab akan membuat pakan menjadi basah dan menggumpal sehingga kuantitas pakan berkurang. Pakan yang berjamur juga dapat menyebabkan beberapa penyakit pernafasan, segera periksa gudang penyimpanan pakan anda, suhu dan kelembaban yang baik untuk penyimpanan pakan adalah 10-24 dan beri penyangga pada pakan agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

Perbaikan kandang
Curah air yang tinggi pada musim hujan dapat menyebabkan berbagai masalah pada kandang, hal ini dapat diminimalkan dengan berbagai perbaikan, mulai dari perbaikan atap yang bocor, perbaikan dinding, dan perbaikan aliran air.

Litter yang basah dan lembab
Liter yang basah dan menggumpal sering terjadi pada musim penghujan, atap yang bocor dan tempias air hujan dapat masuk ke kandang dan mengakibatkan litter basah, hal ini dapat juga terjadi pada waktu pemberian air minum, pemberian air minum yang salah dapat mengakibatkan air minum tumpah. segera bersihkan litter yang basah dan menggumpal, ganti sekam yang basah dengan yang baru serta jaga litter agar tetap kering karena liter yang basah dan menggumpal dapat menyebabkan amoniak, jamur dan bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit pada ayam.

Suhu yang rendah
Perhatikan perilaku ayam pada peternakan anda pada saat musim penghujan, suhu yang rendah menjadikan ayam berkumpul agar dapat melindungi tubuh ayam dari kedinginan, ayam yang mengumpul dan bertumpuk sering mengakibatkan kematian. Suhu didalam kandang dapat di maksimalkan dengan pemberian pemanas seperti gasolek terutama pada saat ayam berusia muda dan pengaturan buka tutup tirai yang benar dan evektif.

Stress pada ayam
pergantian musim dari kemarau menjadi penghujan dapat mengakibatkan stress pada ayam, karena perubahan musim ini ayam membutuhkan waktu untuk penyesuaian diri, berikan multivitamin pada ayam agar ayam terhindar dari stress karena adanya pergantian musim ini.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi peternakan ayam kampung anda dalam menghadapi musim penghujan. Pencegahan dan penanganan yang tepat mutlak dilakukan agar peternakan dapat berjalan dengan baik dan sukses dikemudian hari.

BACA SELENGKAPNYA TENTANG KANDANG AYAM
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: