Sebelum kita membahas perawatan kandang agar tetap sehat dan nyaman, kita juga sebaiknya tahu cara membuat kandang ayam yang sehat. 
Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat kandang ayam antara lain:
1.   Lokasi kandang yang dekat dengan rumah sekurang-kurangnya 5 meter dari rumah. Sedangkan untuk lokasi peternakan dalam jumlah yang besar dalam pembudidayaannya yang ideal biasanya jauh dari lokasi pemukiman penduduk, namun memiliki akses transportasi yang lancar. Jarak antar peternakan juga perlu diperhatikan, minimal 1 km.
2.  Lokasi usahakan pada tempat yang datar dan mempunyai pelindung baik berupa pohon pelindung ataupun tembok / pagar disekitar kandang agar kandang tidak kena angin dan terik matahari siang hari secara langsung.
3. Mempunyai saluran parit/selokan yang lancar sehingga waktu hujan air tidak tergenang.
4.  Diutamakan dilokasi banyak tumbuh rumput karena ayam sangat suka dengan dedaunan sebagai pengganti sayuran.
5.  Kandang memiliki fentilasi yang baik sehingga ayam di dalam kandang selalu mendapatkan udara yang segar.
6.   Arah kandang menghadap sinar matahari,(dibuat serong menghadap sinar matahari pagi) idealnya membujur ke arah barat – timur sehingga intensitas sinar matahari tidak berlebih juga tidak terlalu lembab dan dapat membantu pertumbuhan ayam secara optimal.
7.   Arah kandang tidak boleh berlawanan dengan arah angin karena virus penyakit seringkali tersalurkan melalui angin.
8.   Atap kandang harus baik sehingga waktu hujan tidak kemasukkan air dan dapat terhindar dari tempias air hujan.
9.  Untuk kandang model panggung Kandang harus memiliki ketinggian yang cukup dari permukaan tanah sekurang-kurangnya 50 cm untuk mengurangi hawa dingin dari tanah (mengurangi kelembaban).
10.  Untuk kandang model panggung Kaki kandang harus dialas dengan batu atau dicor baik dengan balok cor atau ember/kaleng cat yang dicor dengan semen gunanya menghindari kelapukkan pada kaki kandang.
Sedangkan untuk perawatan kandangnya agar nyaman adalah sebagai berikut;
1.   Atur suhu dan kelembabannnya untuk ayam dewasa ialah 25-28°C. Sedangkan untuk DOC berkisar 33-29°C (berkurang secara periodik sejalan dengan bertambahnya umur). Ayam akan langsung memberikan respon saat suhu melebihi zona nyaman (comfort zone) diantaranya dengan membuka sayap, mencari tempat dingin dan panting (megap-megap).
2.  Kandang dalam keadaan bersih dari kotoran. Diharapkan dibersihkan minimal 1 minggu sekali, jangan sampai ada kotoran yang menumpuk. Untuk kandang model lantai dari litter yang biasa memanfaatkan sekam padi, limbah dari selep padi atau sejenisnya, sekam harus diganti jika sudah terlalu kotor karena tak mungkin di tambah lagi sekamnya.
3.   Cuci kandang dengan menggunakan air sabun, bersihkan dengan air bersih, setelah itu lakukan pengapuran.
4.   Setelah kering semprot kandang dengan menggunakan disinfektan atau formalin.
5.     Tempat makan dan minum harus dalam keadaan bersih & steril.
6.   Apabila kandang sudah pernah digunakan, istirahatkan kandang selama 2 minggu baru digunakan kembali.
7.   Segera perbaiki bagian kandang yang rusak misalnya atap yang bocor dan lantai panggung yang patah menjadi hal yang sering dijumpai. Saat menemukan kondisi ini hendaknya segera lakukan perbaikan agar tidak mengganggu kenyamanan ayam.
Semua ini harus betul-betul diperhatikan karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ayam, juga membantu pertumbuhan ayam lebih optimal sesuai yang diharapkan.

BACA SELENGKAPNYA TENTANG KANDANG AYAM
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: