Kandang Ayam Modern

kandang ayam modern
kandang ayam modern
Mungkin sebagian orang sedikit asing dengan nama ini tp sekarang kandang ayam modern ini sudah dilakukan di beberapa daerah di indonesia. Dulu kandang ayam masih berupa bangunan bambu dan beratap seadanya kesan yang kotor dan kumuh.
Tapi sekarang kesan yang negatif itu perlahan mulai hilang ketika melihat kandang ayam modern ( closed house ) yang terlihat bersih, bangunan terbuat dari baja dan perawatan nya pun lebih di jaga.
Baca selengkapnya tentang Kandang Ayam
Saya akan coba membahas sedikit tentang kandang ayam modern ini yang baru saya kunjungi di daerah kabupaten karanganyar tepatnya di desa sedayu kecamatan jumantono. Saya bertemu langsung dengan pemilik kandang ayam tersebut dan kebetulan beliau masih merintis untuk ternak ayam dengan sistem closed house tersebut.
Beliau mengatakan memang tidak mudah untuk membuat sebuah kandang ayam modern seperti ini dari biaya yang memang cukup tinggi untuk awal dan pengerjaan nya pun memakan waktu yang lumayan lama.
Si pemilik membuat sebuah kandang dengan berukuran 12 x 70 meter dengan bangunan 2 tingkat yang mampu menampung ayam sebanyak -+ 22.000 ayam. Dengan ukuran sebesar itu si pemilik mengatakan investasi awal memang untuk biaya pembuatan seperti ini tapi konstruksinya berumur panjang.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari pembuatan kandang modern seperti ini :
  1. Kandang harus kedap udara ( tidak boleh ada celah udara masuk kedalam )
  2. Bangunan sendiri harus menghadap dari timur ke barat
Dan beberapa alat yang memang diperlukan dan penting di dalam kandan Blower, Hitter, coolingpad dan yang terakhir alat pengontrol dari ketiga item tersebut yaitu temtemptron. Si pemilik pun menggunakan alat otomatis untuk tempat minum ayam tersebut ( nipple ) namun tempat makan nya beliau sengaja menggunakan secara manual karena untuk mencegah ke depan nya terhadap si pekerja bermalas malasan.
Perawatan ayam nya pun memang tidak sembarangan apalagi di umur yang rentan kematian antara 0 – 15 hari perlu pengontrolan yg baik dan vitamin yang cukup untuk pertumbuhannya.
Kandang pun jauh dari kesan bau dan kotor karena beliau menggunakan sekam yang tebalnya hingga 7cm yang menutupi kotoran ayam tersebut dan blower yang berfungsi mengeluarkan udara yang baik didalam ruangan kandang.
Beliau mengatakan memang tidak mudah untuk merawat ayam dengan kapasitas hingga belasan ribu tapi bila kita merawat nya dengan baik dan tidak terpaksa semuanya akan berjalan lancar meskipun sebenarnya basic beliau bukan dari peternakan.
Tertarik dengan sistem kandang ayam modern?
Sebelum mengambil keputusan untuk membuat kandang seperti itu ada baik nya bertanya kepada yang ahli dalam bidang tersebut. Jangan pernah takut memulai hal yang baru sebelum kita berani mencoba dan belajar.
Baca selengkapnya tentang
  1. Cara beternak ayam kampung
  2. Cara Membuat Kandang Ayam
  3. Cara Beternak Ayam
  4. Gambar Kandang Ayam
  5. Kandang Ayam Close House
  6. Kandang Ayam Kampung
  7. Kandang Ayam Bangkok
  8. Ternak Ayam Petelur
  9. Jual Kandang Ayam
  10. Kandang Ayam Petelur
  11. Kandang Ayam Modern
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

3 comments:

  1. Admin Blog disini sama ya dengan admin blog Pemainayam.vip ?

    BalasHapus
  2. * FREECHIPS SITUS PERMAINAN SLOT CASINO POKER CEME ONLINE TANPA DEPOSIT DAN MASIH BANYAK PERMAINAN LAIN SERUNYA !!

    * JOIN & GET JACKPOT >> NO WA +62 819-1005-3031 <<
    * CS 24 JAM ONLINE

    SEHAT SELALU UNTUK KITA SEMUA ...ALWAYS THANKFULL AND GRATEFULL ^^

    BalasHapus