Kandang Battery atau Kandang Batere atau Kandang Baterai, begitulah orang biasa menyebut jenis kandang ayam petelur ini yang umum digunakan untuk budidaya ayam petelur. Jenis kandang ayam petelur tipe baterai ini ada yang dibuat dengan sistem modern (dibuat oleh pabrik atau produsen kandang) dengan bahan utamanya adalah kawat dan juga bisa denganmembuat kandang baterai sendiri dengan berbahan kayu dan bambu. Mari kita baca bersama cara membuat kandang baterai untuk ayam petelur.

Salah satu fungsi dari kandang baterai / batere adalah untuk memudahkan pemilik atau pengelolala ternak ayam petelur dalam melakukan aktifitas seperti pengambilan telur, pembersihan kotoran, juga tentu penghematan atau efesiensi tempat sebagai lokasi pembuatan kandang.
Desain Kandang Baterai / Kandang Battery

Artikel Lengkap ada disini KANDANG AYAM

bentuk kandang baterai, desain kandang baterai, rangka kandang baterai

Sebelumnya kita perlu tahu terlebih dahulu bentuk dari kandang baterai yang akan dibuat, kandang baterai sendiri adalah sejenis kandang serupa dengan sangkar dengan memiliki 4 sisi samping dan ditambah sisi atas dan bawah (lantai kandang) perbedaan desain kandang biasa dengan kandang baterai adalah pada bagian lantai yang memiliki kemiringan beberapa derajat (lantai melandai)

Rangka diatas adalah gambaran rangka kandang baterai dengan bahan kawat, dengan desain rangka tersebut kita sudah bisa mengira bagaimana bentuk dari setiap baterai tersebut. Bagian belakang lebih pendek dan tinggi letaknya di bandingkan dengan bagian depan dan kelandaian atau kemiringan mengikuti ujung bertemunya garis penghubung ujung bawah garis B dan D

Bagian lantai yang miring tidak perlu dibuat terlalu miring asalkan sudah cukup bisa membuat telur dapat bergerak menggelinding ke luar kandang.

Kandang baterai umumnya dibuat bertingkat, ada yang tingkat dua dan ada juga yang tiga, tergantung dari keinginan pembuatnya saja. Disini adalah gambar desain kandang baterai ayam petelur dengan tingkat tiga. Kurang lebih kerangka tengahnya seperti gambar berikut.

Bahan Membuat Kandang Baterai

bahan kandang baterai, material kandang baterai, bahan dibutuhkan untuk kandang baterai

Untuk pembuatan kandang ayam petelur tipe baterai ini sendiri, bahan yang paling cocok adalah kayu dan bambu. Kayu lebih umum digunakan sebagai kerangka utama tiang dan palang, walau terkadang ada juga yang membuat kandang baterai dengan banyak bahan kayu sebagai dinding tetapi ini akan jadi pemborosan. Yang paling cocok material kandang adalah bambu.

Bambu digunakan sebagai lantai kandang
Bambu digunakan sebagai dinding kandang
Bambu digunakan sebagai penutup atas kandang
Bambu digunakan sebagai tempat makan ayam

Kerangka kandang dan kaki-kakinya dibuat dengan bahan kayu karena jelas lebih kuat dan kokoh untuk menahan berat kandang. Gambar diatas hanya sebagai salah satu acuan bentuk kerangka, untuk lebih kuat kita bisa menambahkan sendiri beberapa buah kayu untuk memperkokoh kerangka tersebut.

Material lain yang diperlukan adalah paku dan kawat, yang harus diperhatikan adalah kerapian saat menyatukan bagian-bagian dengan paku. Harus yakin tidak ada ujung paku yang muncul atau mencuat karena satu saat bia melukai ayam yang ada didalam kandang.

Untuk panjang baterai bisa disesuaikan dengan lokasi, misalkan memanjang hingga 5 meter, 10 meter, atau bahkan 20 meter sesuai dengan luas atau panjang area yang disediakan untuk kandang.

Nah itulah sedikit tulisan tentang cara membuat kandang ayam petelur. Semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan.


Mau Cari Artikel tentang KANDANG AYAM
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: