Kandang Ayam

Pakan Ayam Petelur : Ayam petelur punya jenis pakan tersendiri yang diberikan dan digunakan sebagai makanan khusus dan berhubungan dengan peningkatan produktifitas telur yang dihasilkan. Ada jenis jenis pakan khusus yang bagus bagi ayam petelur.

Artikel Lengkap ada disini KANDANG AYAM

Kandang ayam petelur yang dibahas di artikel lain yang berjudul Belajar Cara Berternak Ayam Petelur – Peluang Usaha Ternak adalah yang dibuat dengan manual. Berupa kandang ayam bertingkat yang dibuat dari bambu.

Kandang ayam khusus layer / ayam petelur sendiri di desain untuk memudahkan telur mengumpul di depan luar kandang dengan lantai yang memiliki kemiringan beberapa derajat, dibuat dengan bambu sehingga memiliki rongga rongga yang memudahkan kotoran ayam jatuh keluar dan tidak menumpuk di dalam kandang.
Kandang Baterai Khusus Ayam Petelur

kandang ayam petelur, kandang khusus ayam petelur, jenis kandang ayam petelur

Jenis kandang layer tersebut dalam jenis modern dibuat dengan bahan kawat, desainnya kurang lebih sama yaitu kandang ayam bertingkat. Kandang kawat seperti ini saat ini sudah cukup populer, dan disebut sebagai kandang battery atau kandang batere atau kandang baterai.

Di pusat penjualan alat alat peternakan ayam biasanya ada dijual kandang jenis ini dengan variasi pilihan tingkatan kandang misalkan tingkat 3, 4, atau 5.

Secara desain tentu sama dengan kandang bambu yang dijelaskan di artikel tersebut. Posisi lantai miring sedikit ke arah depan yang fungsinya memudahkan telur menggelinding keluar dari kandang. Kawat yang memang ukurannya lebih kecil lebih bagus di bandingkan dengan kandang bambu, celah kandang kawat lebih besar sehingga kandang relatif lebih bersih dari kotoran.

Perkiraan patokan sesuai gambar diatas
Tinggi kawat belakang 30 cm
Tinggi kawat depan 36 cm
Panjang antara depan belakang 39 cm
Tempat penampungan telurnya menyesuaikan saja, tidak perlu terlalu jauh dari kaki kawat depan

Telur nantinya akan tersusun rapi di depan kandang (sudah diluar kandang) sehingga mudah mengambilnya dan pasti jauh lebih bersih karena tidak terkena kotoran ayam.


Penggunaan kandang ayam jenis battery / kandang baterai ini juga merupakan cara efesiensi tempat dimana untuk modelnya yang bertingkat jadi bisa menampung lebih banyak ayam petelur di dalamnya.

Untuk yang lebih modern dan lengkap lagi biasanya di set untuk tempat pipa air yang mengantarkan minum ke seluruh kandang dengan alat minum khusus nipple ayam.

Untuk model biasa menggunakan pipa setengah lingkaran yang letaknya di sebelah atas pipa tempat makanan, tapi untuk cara biasanya ini bisa menyebabkan air jatuh ke makanan dan menyebabkan makanan menjadi basah.
Kandang Baterai Dengan Bahan Kawat

kandang baterai ayam layer, kandang baterai ayam petelur, gambar kandang baterai, kandang baterai kawat

Penggunaan nipple diperlukan untuk menghindari makanan basah karena air tidak tumpah kemana-mana. Tetapi pemilihan nipple juga harus teliti, kebanyakan masalah nipple ada terjadinya kebocoran sehingga air berhenti di tengah jalan atau terjadi pemborosan air karena air terjatuh melalui bocoran.

Untuk segi efesiensi tenaga kerja penggunaan alat seperti nipple dan penunjang lain yang lebih otomatis tentu sangat lebih bagus. Memudahkan pekerjaan dan penghematan biaya dan tenaga tentunya


Mau Cari Artikel tentang KANDANG AYAM
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: