Mikroorganisme telah lama diketahui dapat menyebabkan penyakit (patogen), meski tidak semua mikroorganisme bersifat seperti itu. Namun penelitian terstruktur dan terpublikasi baru dikembangkan sejak ditemukan penisilin (selanjutnya zat ini dinamakan antibiotik) pada tahun 1929 oleh Alexander Fleming. Adalah Penicillium notatum, jamur yang menghasilkan penisilin yang dapat mematikan kehidupan bakteri. 
Sekian lama kemudian diketahui bahwa antibiotik memiliki keterbatasan untuk menghadapi mikroorganisme patogen. Virus dan jamur adalah contoh patogen yang tidak akan “tersentuh” oleh antibiotik. Nama antibiotik sendiri sering dipersepsikan sebagai anti bakteria. Antibiotik yang biasanya digunakan dalam formulasi obat hewan, utamanya unggas ialah golongan penisilin, aminoglikosida, fluoroquinolon, peptida, makrolida, tetracycline, sulfonamida dan diaminopirimidin. Antibiotik tetap merupakan pilihan teratas untuk menghadapi mikroorganisme patogen karena antibiotik terbukti efektif untuk sebagian besar mikroorganisme patogen. Karakteristrik mikroorganisme patogen ini meliputi, struktur tubuh dan contohnya kami tampilkan dalam tabel 1


Mikroorganisme yang Peka Antibiotik
Bakteri, Mycoplasma, protozoa dan rickettsia merupakan beberapa mikroorganisme yang peka atau bisa diatasi dengan antibiotik.
  • Bakteri
Hanya 1% bakteri di dunia ini yang termasuk patogen, sisanya merupakan bakteri kommensal (pembusuk dan flora normal). Bakteri dibagi menjadi Gram (+) dan Gram ( - ) berdasarkan komposisi dinding selnya.
  • Gram (+)
Dinding sel bakteri Gram (+) disusun oleh peptidoglikan yang tebal. Bakteri Gram (+) relatif jarang ditemukan pada unggas, namun sering menginfeksi pada ternak besar, seperti sapi. Contoh bakteri Gram (+) ini antara lain Staphylococcus sp, Streptococcusdan Bacillus anthracis.
Adanya peptidoglikan yang tebal ini justru membuatnya lebih sensitif (peka) terhadap antibiotik, terutama antibiotik yang bekerja menghambat pembentukan dinding sel, seperti penisilin. Penisilin bekerja merusak cincin beta laktam sehingga dinding sel bakteri rusak dan kehilangan fungsinya, akibatnya bakteri mati.
Secara umum hampir semua golongan antibiotik, kecuali golongan peptida, bisa mengatasi infeksi bakteri Gram (+).
  • Gram ( - )
Berbeda dengan bakteri Gram (+), dinding sel bakteri Gram ( - ) tersusun atas peptidoglikan yang tipis. Sebagian besar infeksi bakteri pada unggas disebabkan oleh bakteri ini. Misalnya, korisa (Haemophillus paragallinarum), kolera (Pasteurella multocida), colibacillosis (Escherichia coli) atau pullorum (Salmonella pullorum). Semua antibiotik, kecuali golongan makrolida ampuh membunuh bakteri ini.

  • Mycoplasma
Merupakan mikroorganisme prokariot terkecil, yaitu mikroorganisme yang tidak memiliki membran inti sel. Ada yang berpendapat bahwa Mycoplasma dapat dimasukkan dalam kelompok bakteri Gram ( - ) karena tidak adanya membran inti sel ini, namun ada pula yang berpendapat Mycoplasma dikelompokkan tersendiri. Namun kepekaan Mycoplasma terhadap antibiotik berbeda dengan bakteri Gram ( - ).
Mycoplasma dapat menginfeksi seluruh jenis hewan. Di unggas, mikrooganisme ini sering menginfeksi saluran respirasi (pernapasan), terutama kantung hawa. Terdapat duaMycoplasma yang menyerang unggas yaitu Mycoplasma gallisepticum (penyebab CRD) danM. synoviae (penyebab synovitis). Ayam yang sembuh dari serangan Mycoplasma akan bersifat carrier (pembawa, red)

Tidak semua antibiotik mampu membasmi Mycoplasma. Mikroorganisme ini sensitif terhadap antibiotik golongan fluoroquinolon (Proxan-C), makrolida (Tyfural) dan tetrasiklin (Doxyvet). Adanya fluoroquinolon akan menghambat enzim DNA gyrase sehingga pembentukan inti sel menjadi terhambat dan bakteri mati. Sedangkan makrolida dan tetrasiklin bekerja membasmi Mycoplasma dengan menghambat sintesis protein (berikatan pada ribosom 30 S).

  • Protozoa
Protozoa termasuk golongan parasit yang hidup di dalam tubuh inang, seperti ayam. Protozoa yang sering ditemukan pada ayam diantaranya Eimeria sp. (penyebab koksidiosis),Leucocytozoon sp. (penyebab “malaria like” atau leucocytozoonosis) dan Plasmodium sp. (penyebab malaria unggas).
Protozoa memiliki struktur yang mirip dengan bakteri, oleh karena itu ada beberapa antibiotik yang bisa digunakan sebagai antiprotozoa, seperti golongan tetrasiklin dan sulfonamida.

  • Rickettsia
Dulu digolongkan ke dalam kelompok bakteri namun kini dipisah karena hidup di sel inang dan sangat membutuhkan sel inang. Rickettsia pun kadang digolongkan sebagai parasit.
Rickettsia dapat tahan selama berbulan-bulan di lingkungan dan resisten terhadap formalin, sinar ultraviolet dan pemanasan (63oC selama 30 menit, kadang-kadang pemanasan cepat 71,6oC selama 20 detik).

Seperti pepatah “tak kenal maka tak sayang”, maka kenalilah mikroorganisme patogen yang bisa atau sering mengganggu ayam kita sebagai bukti bahwa kita menyayangi ternak yang kita pelihara.
Mengetahui dan memahami karakteristik mikroorganisme patogen ini akan sangat membantu kita dalam melakukan upaya pencegahan maupun pengobatan serangan penyakit ini. Hal ini menjadi tahapan awal bagi kita agar pemberian antibiotik dapat dilakukan secara cepat sehingga dapat menghasilkan efek atau bekerja secara optimal. Selain itu, efek negatif dan resistensi antibiotik juga dapat diminimalkan.

BACA SELENGKAPNYA TENTANG KANDANG AYAM
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: