Beberapa penyebab pertumbuhan ayam yang tidak merata

1.Jumlah tempat ransum ayam (TRA) dan tempat minum ayam (TMA) yang kurang merata
Kurangnya jumlah TRA dan TMA menyebabkan persaingan pada ayam untuk mendapatkan keduanya, ayam yang lebih dominan dalam mendapatkan keduanya biasanya mempunyai pertumbuhan yang lebih baik dari yang lain sebaliknya ayam yang kurang dominan biasanya mempunyai pertumuhan yang lambat/kerdil.Sebaiknya distribusi TRA dan TMA disesuaikan dengan jumlah populasi ayam, setidaknya 2/3 dari populasi ayam mendapatkan makan dan minum secara bersamaan, penempatan TRA dan TMA dibuat secara berselingan yaitu 1 TRA diseling dengan 1 TMA dengan jarak 100cm.

2.Suhu brooder
Suhu sangatlah penting dalam pertumbuhan ayam terutama pada masa awal pemeliharaan, suhu yang terlalu panas akan menyebabkan penurunan nafsu makan dan ayam akan cenderung banyak minum, sebaliknya jika suhu pada brooder kurang maka ayam akan lebih banyak menumbuhkan bulu daripada dagingnya, pada suhu dingin biasanya ayam akan berkumpul untuk menghangatkan tubuhnya sehingga waktu yang seharusnya untuk mengkonsumsi pakan dan minum berkurang. Hendaknya suhu disesuaikan dengan umur tertentu agar pertumbuhan tetap terjaga.

3.Kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi
Kasus seperti ini biasanya ditemukan pada peternak yang meramu pakan sendiri, hal ini disebabkan karena kandungan bahan dan  komposisi bahan tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi pada ayam.

4. Waktu pemberian pakan dan minum yang tidak teratur

BACA SELENGKAPNYA TENTANG KANDANG AYAM
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: